Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bersedekah yang disukai Oleh Allah, Simak Penjelasannya


MAMASFIAN.COM
- Sebagai manusia kita hidup didunia wajib hukumnya memberikan sedikit harta kita kepada orang yang membutuhkan. Terutama kepada orang yang sulit ekonominya seperti fakir miskin, pengemis, orang yang dalam keadaan sulit seperti terkena penyakit dll.

Melansir The Journal of the Royal Anthropological Institute Mengatakan bahwa "praktik amal terorganisir dalam perspektif komparatif seperti sedekah, merupakan tradisi amal yang menjadi milik sebuah ideologi serta menjadi sumber keharusan moral dalam ideologi tersebut, termasuk dalam Islam"

Dalam agama islam, Rasulullah menganjurkan kita untul bersedakah baik itu berupa uang maupun dalam bentuk makan atau barang berharga lainnya untuk bisa dijadikan bahan untuk bertahan hidup.

Tanpa disadari, Ajaran rasulullah tersebut ternyata memiliki banyak faedah atau manfaat. Pasalnya dengan bersedekag kita akan dicintai allah swt layaknya pasangan hidup kita.

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan kita kepada allah swt. Dengan tanpa adanya paksaan dan didasari hati yang tulus berniat untur memberi kepada orang lain. Dan orang yang diberi pun juga akan merasakan kebahagiaan karena mendapat rezeki untuk bisa dimanfaatkan dengan baik.

Berikut kami berikan manfaat dan keutamaan sedekah agar kita lebih bersemangat lagi untuk bersedekah :

1. Dapat Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Diampuninya dosa kita tentunya haris bebarengan taubat yang kita panjatkan kepada allah swt.

Dengan kita bersedekah dan bertaubat, maka insya allah, allah swt akan mengampuni dosa kita asalkan dengan taubatan nasuha.

2. Memberikan Keberkahan Kepada Harta yang Kita Miliki

Mengeluarkan harta secara akal berarti akan mengurangi harta tersebut. Namun, hal tersebut tidak berlaku saat kita bersedekah. Karena Rasulullah SAW telah bersabda “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Menurut Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan :  “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup dua hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya"

Maka imbas dari bersedekah itulah yabg menutupi pengurangan harta. Dan bisa dirasakan oleh indra dan kebiasaan.

3. Mendapat Syafaat di Hari Akhir

Orang yang bersedekah akan mendapat syafaat atau pertolongan dari Allah SWT yang kala iti tidak ada satu pertolongan pun melainkan hanya dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya,” (HR Bukhari).

4. Bukti Keimanan Seseorang

Sedekah bisa dirasakan manfaatnya bukan hanya kepada penerimanya saja melainkan orang yang bersedekan pun ikut merasakannya.

Karena sedekah bisa mendatangkan rasa syukur seseorang Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah adalah bukti,” (HR Muslim).

Dan adapun penjelasan oleh Imam An Nawawi  “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya),”.

5. Merasakan Kebahagiaan.

Bersedekan dapat menciptakan ketenangan hati. Dan ini dirasakan oleh orang-orang yang suka bersedekah. Saat melakukannya ada rasa bangga, senang dan dada yang lapang.

Dalam sebuah hadits diterangkan Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443).


6. Amalan Yang Tak Pernah Putus.

Meski jumlahnya kecil, namun bersedekah akan menjadi amalan yang tek terputus dan ini akan menolong seseorang diakhirat. Menambah pahala dan diselamatkan daei siksa api neraka.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: shodaqoh jariyah, anak sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya,”.


7. Terhindar dari Bahaya

Selain mendapat pahala, melakukan sedekah juga akan menolak bala atau terhindar dari bahaya yang mengancam. Allah SWT akan senantiasa menjaga orang yang gemar bersedekah.

Rasul Bersabda “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah,”.


8. Terbukanya Pintu Rezeki

Manfaat sedekah yang lain adalah terbukanya pintu rezeki. Allah SWT akan memberikan rezeki yang dari arah yang tidak dikiria sebelumnya. Karena pada dasarnya allah akan menggantikan harta yang telah kita beri dengan rezeki yang tidak terduga.

Mengenai hal tersebut Rasulullah SAW bersabda dalam hadis Riwayat Baihaqi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dengan mengeluarkan sedekah,”.


9. Mencegah Kematian yang Jelek

Tentunya kita tidak ingin mendapat kematian yang tidak baik. Hal ini dapat kita hindari dengan bersedekah

Ibnul Qoyyim mengatakan: “Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah,” (Uddah ash-Shabirin hlm 490).


10. Menambah Umur

Sedekah juga dipercaya dapat menambah umur seseorang. Hal ini karena merasakan hati yang tenang dan bahagia saat melakukan sedekah. 

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri,” (HR Thabrani).


11. Pahala yang Berlipat Lipat

Bersedekah merupakan ibadah yanh mulia dan sangat dihargai oleh Allah SWT.  Imbalan dari sedekah yang paling utama adalah mendapat pahala. Setelah itu, pahala yang kamu dapatkan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Terlebih jika sedekah yang kita lakukan dengan benar murni daei hati yang paling tulus. Maka pahala yang didapatkan akan lebih besar.


12. Menyucikan Diri

Dosa dosa orang yang bersedekah akan dihapus. hal ini juga dilakukan bersamaan dengan taubat atau dosa yang pernah diperbuat dan sering-seringlah melakukan kewajiban yang harus diikuti dan hindari larangan larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT.


Dan itulah 12 manfaat bersedekah. Banyak sekali manfaat yang didapat dari bersedekah. Oleh karena itu, marilah kita perbaiki iman dan ibadah kita dengan melakuka sedekah. Tidak akan miskin orang yang bersedekah karena Allah SWT sudah menjamin itu. Supaya terhindar dari marabahaya dan keresahan hati, bersedekahlah dengan ikhlas dan niat baik.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bersedekah yang disukai Oleh Allah, Simak Penjelasannya"