Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Manfaat Berdo'a dan Berdzikir Setelah Sholat Fardhu, Dapat Menghapus Dosa

Ilustrasi Berdo'a source:google.com

MAMASFIAN.COM - Dzikir berasal dari kata dzakara, yadzkuru, dzukr/ dzikr yang maksudnya ialah perbuatan dengan lisan( menyebut, menuturkan, berkata) serta dengan hati( mengingat serta menyebut).



Sebaliknya dari segi sebutan, dzikir merupakan pembersihan dari medan kealpaan serta kelupaan, lewat pelanggengan hadirnya qalbu serta lisan mengarah padang musyahadah( penyaksian kepada- Nya).


Dalam Islam, dzikir berarti mengingat Allah di dalam hati serta menyebut- Nya dengan lidah. Dzikir merupakan metode yang sangat jitu serta simpel buat beribadah kepada Allah( SWT) kala kita kekurangan waktu, yang bawa banyak khasiat serta kebajikan.


Allah( SWT) mau kita mengingat- Nya dalam tiap suasana tidak hirau apakah itu suasana senang ataupun pilu sebisa bisa jadi. Dengan menyanjung serta memuliakan Allah( SWT) kita menampilkan rasa syukur kita kepada- Nya serta mengakui keluhuran- Nya.


Dzikir bawa banyak khasiat kala kita terus mengamalkannya. Berikut khasiat berdzikir dalam islam bila teratur :


Menemukan proteksi Allah

Khasiat berdzikir yang awal merupakan memperoleh proteksi dari Allah SWT. Orang yang tetap menyanjung kebesaran Allah hendak senantiasa terlindung dari keburukan. Dzikir pula dapat membuka pintu keselamatan dunia akhirat.


Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu‘ anhu disebutkan kalau barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak 3 kali, hingga dia tidak hendak menemukan bahaya toksin di malam tersebut.( HR. Ahmad 2/ 290).


Mendekatkan diri pada Allah

Berdzikir ialah salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT. Ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:


“ Maukah kalian saya tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, sangat suci di sisi Raja- mu( Allah), serta sangat mengangkut derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas ataupun perak, Para Teman yang muncul mengatakan:“ Ingin( wahai Rasulullah)!” Dia bersabda:“ Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.”( HR. At- Tirmidzi nomor. 3377).


Berdzikir pula dapat menegaskan diri pada kehidupan sehabis kematian, serta membuat senantiasa ingat hendak kebesaran- Nya.


Dicukupi kebutuhannya

Khasiat berdzikir berikutnya ialah dapat membuka pintu rezeki. Ini membuat seluruh urusan dunia serta akhirat terasa mudah serta gampang dilalui. Dikala berdzikir, Kamu hendak merasa senantiasa bersyukur dengan seluruh apa yang sudah dipunyai. Ini membuat hati senantiasa merasa lumayan serta jauh dari perasaan tamak serta serakah.


Dijanjikan surga

Sebab tercantum amalan yang disukai Allah SWT, khasiat berdzikir pastinya mempunyai ganjaran yang luar biasa. Siapa juga yang berdzikir tiap harinya hendak dijanjikan surga oleh Allah.


Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu‘ anhu, dia mengatakan kalau Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,“ Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam kondisi penuh kepercayaan, kemudian dia mati pada hari tersebut saat sebelum sore hari, hingga dia tercantum penunggu surga. Serta barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam kondisi penuh kepercayaan, kemudian dia mati saat sebelum shubuh, hingga dia tercantum penunggu surga.”( HR. Bukhari( 7/ 150, nomor. 6306).


Amalan yang disukai Rasulullah

Berdzikir pula ialah amalan yang disukai Rasulullah. Rasulullah tidak sempat melupakan dzikirnya tiap hari. Inilah kenapa dzikir jadi salah satu sunah rasul yang disarankan oleh umat muslim.


Pasti saja khasiat berdzikir ini pula tercantum meneladani sifat- sifat Rasulullah yang bisa mendekatkan diri kita kepadanya.


Berikan ketenangan

Khasiat berdzikir dapat membuat umat muslim merasa tenang hatinya. Dikala terletak di dekat Allah SWT, hati hendak senantiasa merasa tenang serta damai. Ini cocok dengan ayat Angkatan laut(AL) Quran yang berbunyi:


“…Ingatlah, cuma dengan mengingati Allah- lah hati jadi tenang.”( QS. Ar- Ra’ d: 28).


Menyehatkan Otak

Tidak hanya beribadah, nyatanya khasiat berdzikir pula baik buat kesehatan.


Suatu riset Universitas Washington, yang dilansir dalam majalah Scientific American edisi Desember 1993, mengatakan kalau berzikir dapat mengaktifkan syaraf- syaraf otak.


Apabila seseorang itu berzikir dengan mengulangi kalimat- kalimat Allah, seperti Subhanallah, sebagian kawasan otak yang ikut serta jadi aktif.


Dzikir selaku pembersih hati

Allah menghasilkan manusia dari tanah yang ialah lambang dari kehinaan serta kekotoran. Al- Qur’ an mengatakan selaku nutfah ataupun saripati tanah. Sehabis proses penciptaan dari tanah tersebut, setelah itu Allah melaporkan:


kemudian saya titipkan kedalamnya ruh ku( QS. Al- Hijr: 29).


Sebab terbentuk dari tanah, hingga watak kemanusiaan( basyariyyah) manusia jadi senantiasa kotor. Oleh karenanya, manusia mau menafikan kekotorannya tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah lewat dzikir.


Menghapus Dosa

Khasiat berdzikir yang terakhir merupakan menghindari seorang melaksanakan dosa, menghapus dosa serta menyelamatkan seorang dari siksa Allah. Mu adh Ibn Jabal R. A mengatakan kalau Rasulullah SAW bersabda, Anak Adam tidak sempat melaksanakan perbuatan yang bawa jaminan keselamatan kepadanya, dari hukuman Allah lebih dari mengingat Allah SWT, ( Shahih Al- Jaami 5633).


Posting Komentar untuk "Beberapa Manfaat Berdo'a dan Berdzikir Setelah Sholat Fardhu, Dapat Menghapus Dosa"