Bandwidth Pada Hosting Adalah

 

Bandwidth Pada Hosting Adalah?

Bandwidth secara teori adalah kapasitas transfer data atau ukuran yang diberikan internet service provider atau penyedia layanan internet seberapa lebar nya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data atau seberapa besar informasi yang ditransfer dalam jangka waktu tertentu kemudian untuk satuan ukurannya pun juga sama menggunakan megabyte dan gigabyte. 


Penyedia hosting juga ada yang menyediakan bandwidth unlimited. Jadi teman-teman kalau ada penyedia hosting yang menyediakan bandwidth unlimited mungkin akan lebih enak. Karena tidak perlu khawatir akan kehabisan bandwidth setiap bulannya. 

Baca Juga : Komputer Berasal Dari Kata Bahasa Inggris Yang Artinya

Bandwidth jika digambarkan secara mudah, misalkan dalam satu waktu tertentu terdapat 2 orang yang mengakses website yang sama ditempat yang berbeda, maka hal ini dihitung sebagai bandwidth atau seberapa besar informasi yang ditransfer dalam jangka waktu tertentu.


Jadi, lalu lintas pada saat website dibuka, upload dan download ini dihitung sebagai penggunaan bandwidth. Dan apa yang dihitung upload dan download disini?

Baca Juga : VLAN Adalah : Pengertian, Keuntungan, Jenis, Terminologi Vlan

Saya ambil contoh misalnya 1 website dibuka dalam sebuah browser, maka ini terjadi proses download dan dihitung seberapa besar file yang dibuka misalnya dalam satu halaman website tersebut terdapat 5 gambar yang masing-masing gambarnya berukuran 1 MB, maka 1MBx5=5MB. Jika dalam satu kali waktu terdapat 2 pengunjung atau 2 visitor maka 5MBx2 = 10MB. Jadi teman-teman juga perlu memperhatikan pada saat upload gambar diwebsite karena selain memakan disk hostingnya, juga akan memakan atau mengurangi bandwidth yang tersedia.

Itu lah pengertian bandwidth yang bisa saya jabarkan sederhana. Semoga bermanfaat yah teman-teman.

1 Response to "Bandwidth Pada Hosting Adalah"