-->

60 Istilah Kesehatan Dalam Dunia Medis Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Istilah Kesehatan Dalam Dunia Medis

MAMASFIAN.COM - Dalam dunia medis terdapat banyak istilah yang sering digunakan untuk mengartikan sebuah nama/penyakit. Dan tentu istilah itu memiliki arti atau makna dalam setiap istilah.


Dan berikut istilah kesehatan yang sering dipakai didalam dunia medis. Khusus nya kalian yang belum mengerti istilah istilah tersebut. Baca sampai selesai yah 

1. Istilah Kesehatan: Glikogen

Glikogen adalah salah satu jenis polisakarida simpanan dalam tubuh hewan. Pada manusia dan vertebrata lain, glikogen disimpan terutama dalam sel hati dan otot. Glikogen terdiri atas subunit glukosa dengan ikatan rantai lurus (α1→4) dan ikatan rantai percabangan (α1→6). Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin (salah satu jenis pati) tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap 8-12 residu.


2. Istilah Kesehatan: Hormon

Hormon (dari bahasa Yunani, horman - "yang menggerakkan") adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan , memproduksi hormon. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sell untuk mencari sel target.


3. Istilah Kesehatan: Infeksi

Infeksi adalah kolonisasi organisme inang oleh spesies parasit. Parasit menginfeksi sumber daya induknya untuk mereproduksi, sering mengakibatkan penyakit. Bahasa sehari-hari, infeksi biasanya dianggap disebabkan oleh organisme mikroskopis atau microparasites seperti virus, prion, bakteri, dan viroids, meskipun organisme yang lebih besar seperti macroparasites dan jamur juga dapat menginfeksi.


4. Istilah Kesehatan: Jerawat

Penyakit radang kelenjar minyak (sebaceous) dan folikel (kantong kecil pelindung,kelenjar) rambut pada kulit yang ditandai oleh letusan jerawat atau pustula, terutama pada wajah.


5.IstilahKesehatan: Metabolisme

Metabolisme (bahasa Yunani: μεταβολισμος, metabolismos, perubahan) adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular.


Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik: katabolisme, yaitu reaksi yang mengurai molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi, anabolisme, yaitu reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentu, untuk diserap oleh sel tubuh.


6. Istilah Kesehatan: Oksigen

Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada Temperatur dan tekanan standar, dua atom unsur ini berikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi..


7. Istilah Kesehatan: Otak

Otak adalah organ penting yang mengendalikan pikiran, memori, emosi, sentuhan, keterampilan motorik, visi, respirasi, suhu, rasa lapar, dan setiap proses yang mengatur tubuh kita. Otak dapat dibagi ke dalam otak besar (cerebrum), batang otak (brainstem), dan otak kecil (cerebellum)


8. Istilah Kesehatan: Pingsan

Pingsan atau sinkop adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Gejala pertama yang dirasakan oleh seseorang sebelum pingsan adalah rasa pusing, berkurangnya penglihatan, tinitus, dan rasa panas. Selanjutnya, penglihatan orang tersebut akan menjadi gelap dan ia akan jatuh atau terkulai. Jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, ia dapat mati karena efek trauma suspensi.


9. Istilah Kesehatan: Sel

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Oleh karena itu, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.


10. Istilah Kesehatan: Sel darah putih

Sel darah putih, leukosit (Ingg:white blood cell, WBC, leukocyte) adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih tidak berwarna, memiliki inti, dapat bergerak secara amoebeid, dan dapat menembus dinding kapiler / diapedesis.


11. Istilah Kesehatan: Sistem kekebalan

Sistem kekebalan (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.


12. Istilah Kesehatan: Akupuntur

Akupuntur adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit.


13. Istilah Kesehatan: Demam

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 370C yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya.


14. Istilah Kesehatan: Fobia

Fobia adalah rasa takut yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia dapat mengganggu/menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Fobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. 

Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.


15. Istilah Kesehatan: Infeksi

Infeksi adalah kolonisasi organisme inang oleh spesies parasit. Parasit menginfeksi sumber daya induknya untuk mereproduksi, sering mengakibatkan penyakit. Bahasa sehari-hari, infeksi biasanya dianggap disebabkan oleh organisme mikroskopis atau microparasites seperti virus, prion, bakteri, dan viroids, meskipun organisme yang lebih besar seperti macroparasites dan jamur juga dapat menginfeksi.


16. Istilah Kesehatan: Kandidiasis

Kandidiasis atau sariawan adalah infeksi jamur (mikosis) dari salah satu spesies Candida (semua ragi), Candida albicans adalah yang paling umum . Juga sering disebut sebagai infeksi jamur, kandidiasis juga secara teknis dikenal seperti kandidosis, moniliasis dan oidiomycosis.


17. Istilah Kesehatan: Kronis

Durasi panjang dan perkembangan lambat. Penyakit yang kronis berkembang secara perlahan seiring waktu, dan tidak berakhir. Gejala dapat terus-menerus atau hilang timbul, namun pasien biasanya memiliki kondisi untuk hidup.



18. Istilah Kesehatan: Tulang Belakang

Tulang punggung atau vertebra adalah tulang tak beraturan yang membentuk punggung yang mudah digerakkan. terdapat 33 tulang punggung pada manusia, 5 di antaranya bergabung membentuk bagian sacral, dan 4 tulang membentuk tulang ekor (coccyx).


Tiga bagian di atasnya terdiri dari 24 tulang yang dibagi menjadi 7 tulang cervical (leher), 12 tulang thorax (thoraks atau dada) dan, 5 tulang lumbal. Banyaknya tulang belakang dapat saja terjadi ketidaknormalan. Bagian terjarang terjadi ketidaknormalan adalah bagian leher.


19. Istilah Kesehatan: Alergi

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia berkasi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.


20. Istilah Kesehatan: Dermatitis

Dermatitis adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan peradangan kulit.


21. Istilah Kesehatan: Ruam

Ruam adalah perubahan kulit yang mempengaruhi warna, penampilan atau tekstur. Ruam dapat terlokalisasi di satu bagian tubuh, atau mempengaruhi semua kulit. Ruam dapat menyebabkan kulit berubah warna, gatal, menjadi hangat, bergelombang, kering, retak atau melepuh, membengkak dan mungkin menyakitkan.Oleh karena itu pengobatan untuk ruam, sangat bervariasi.


22. Istilah Kesehatan: Sistem kekebalan

Sistem kekebalan (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.


24. Istilah Kesehatan: Spora

Spora adalah satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Sel ini dorman dan hanya tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu, yang khas bagi setiap spesies. Fungsi spora sebagai alat persebaran (dispersi) mirip dengan biji, meskipun berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan evolusi.

Tumbuhan berbiji dipandang dari sudut pandang evolusi juga menghasilkan spora.



25. Istilah Kesehatan: Terapi

Terapi (dalam Yunani: θεραπεία), atau pengobatan, adalah remediasi masalah kesehatan, biasanya mengikuti diagnosis. Orang yang melakukan terapi disebut sebagai terapis. Dalam bidang medis, kata terapi sinonim dengan kata pengobatan. Di antara psikolog, kata ini mengacu kepada psikoterapi. Terapi pencegahan atau terapi Profilaksis adalah pengobatan yang dimaksudkan untuk mencegah munculnya kondisi medis.Sebagai contoh adalah banyaknya vaksin untuk mencegah infeksi penyakit. Terapi abortive adalah pengobatan yang dimaksudkan untuk menghentikan kondisi medis dari perkembangan lebih lanjut. Pengobatan yang dilakukan pada tanda-tanda paling awal dari munculnya penyakit, seperti gejala sakit kepala migrain, adalah sebuah terapi abortive. Terapi supportive adalah suatu terapi yang tidak merawat atau memperbaiki kondisi yang mendasarinya, melainkan meningkatkan kenyamanan pasien.


26. Istilah Kesehatan: Arthritis

Peradangan pada sendi, biasanya disertai nyeri, pembengkakan, dan kekakuan, akibat infeksi, trauma, perubahan degeneratif, gangguan metabolisme, atau penyebab lainnya.Arthritis (dari bahasa Yunani arthro-, +-itis gabungan, peradangan; jamak: artritis) adalah bentuk kelainan sendi yang melibatkan peradangan dari satu atau lebih sendi


27. Istilah Kesehatan: Pirai

Pirai atau gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia)


28. Istilah Kesehatan Sistem kekebalan

Sistem kekebalan (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.


29. Istilah Kesehatan: Akut

Pada ilmu kedokteran, Akut adalah: 1.serangan deras. 2.aliran pendek. 3.replikasi patogen yang telah melampaui ambang batas sistem kekebalan turunan. Kata 'acute' sering salah dianggap sebagai 'severe'. Padahal, arti kedua kata ini berbeda. Subakut berarti:Antara akut dan kronik.


30. Istilah Kesehatan: Alkohol

Sebuah cairan yang mudah terbakar, tidak berwarna, mudah menguap, C2H5OH, disintesis atau diperoleh dengan fermentasi gula dan pati dan banyak digunakan, baik murni atau didenaturasi, sebagai pelarut dan dalam obat, larutan pembersih, bahan peledak, dan memabukkan minuman. Juga disebut etanol, etil alkohol, alkohol gandum.

Minuman keras yang mengandung alkohol memabukkan.

Setiap dari serangkaian senyawa hidroksil, yang paling sederhana yang berasal dari hidrokarbon jenuh, memiliki rumus umum CnH2n +1 OH, dan termasuk etanol dan metanol.


31. Istilah Kesehatan: Antibiotik

Segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik,yang dihasilkan oleh berbagai spesies mikroorganisma yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.


32. Istilah Kesehatan: Asam lambung

Asam lambung adalah cairan pencernaan, dibentuk di perut. Ini memiliki pH 1 sampai 2 dan terdiri dari asam klorida (HCl) (sekitar 0,5%, atau 5000 bagian per juta), dan sejumlah besar kalium klorida (KCl) dan natrium klorida (NaCl). Asam ini memainkan peran kunci dalam pencernaan protein, dengan mengaktifkan enzim pencernaan, dan membuat protein yang dicerna terurai sehingga enzim pencernaan dapat memecah rantai panjang asam amino.


33. Istilah Kesehatan: Biopsi

Biopsi adalah pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan jaringan tersebut bertujuan untuk mendeteksi adanya penyakit atau mencocokkan jaringan organ sebelum melakukan transplantasi organ. Resiko yang dapat ditimpulkan oleh kesalahan proses biopsi adalah infeksi dan pendarahan.


34. Istilah Kesehatan: Endoskopi

Teknik pemeriksaan struktur dalam (tubuh) dengan menggunakan alat berbentuk tabung yang disebut endoskopi,terdiri dari sebuah sumber cahaya serat optik dan lensa pembesar.Endoskopi dimasukkan melalui mulut,atau sebuah irisan kecil di kulit,


35. Istilah Kesehatan: Enzim

Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk.

Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat, yang disebut promoter. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan oleh hormon sebagai promoter.


36. Istilah Kesehatan: Esofagus

Esofagus (dari bahasa Yunani: oeso - "membawa", dan, phagus - "memakan") atau kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung. Makanan berjalan melalui esofagus dengan menggunakan proses peristaltik.


37. Istilah Kesehatan: Hidrogen

Hidrogen (bahasa Latin: hydrogenium, dari bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk) adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar.

Dengan massa atom 1,00794 amu, hidrogen adalah unsur teringan di dunia. Hidrogen juga adalah unsur paling melimpah dengan persentase kira-kira 75% dari total massa unsur alam semesta.[1] Kebanyakan bintang dibentuk oleh hidrogen dalam keadaan plasma. Senyawa hidrogen relatif langka dan jarang dijumpai secara alami di bumi, dan biasanya dihasilkan secara industri dari berbagai senyawa hidrokarbon seperti metana.


38. Istilah Kesehatan: Histamin

Histamin adalah suatu senyawa nitrogen organik terlibat dalam respon imun lokal serta mengatur fungsi fisiologis dalam usus dan bertindak sebagai neurotransmitter .Histamin memicu respon inflamasi. Sebagai bagian dari respon kekebalan terhadap patogen asing, histamin dihasilkan oleh basofil dan sel mast yang ditemukan dalam jaringan ikat di sekitarnya. Histamin meningkatkan permeabilitas kapiler ke sel darah putih dan beberapa protein, untuk memungkinkan mereka untuk terlibat patogen pada jaringan yang terinfeksi .


39. Istilah Kesehatan: Hormon

Hormon (dari bahasa Yunani, horman - "yang menggerakkan") adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan , memproduksi hormon. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sell untuk mencari sel target.


40. Istilah Kesehatan: Insomnia

Gejala kelainan tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.


Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.


Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.


41. Istilah Kesehatan: Ion

Ion adalah atom atau sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion bermuatan negatif, yang menangkap satu atau lebih elektron, disebut anion, karena dia tertarik menuju anoda. Ion bermuatan positif, yang kehilangan satu atau lebih elektron, disebut kation, karena tertarik ke katoda. Proses pembentukan ion disebut ionisasi. Atom atau kelompok atom yang terionisasi ditandai dengan tikatas n+ atau n-, di mana n adalah jumlah elektron yang hilang atau diperoleh.


42. Istilah Kesehatan: Janin

Janin (en:fetus, foetus, fœtus, faetus, fætus[1]) adalah mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran. Dalam bahasa Latin, fetus secara harfiah dapat diartikan "berisi bibit muda, mengandung". Pada manusia, janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk, hingga kelahiran. Janin disebut juga Calon Bayi..


43. Istilah Kesehatan: Kafein

Kafeina, atau lebih populernya kafein, ialah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafeina ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Ia menciptakan istilah "kaffein" untuk merujuk pada senyawa kimia pada kopi. Kafeina juga disebut guaranina ketika ditemukan pada guarana, mateina ketika ditemukan pada mate, dan teina ketika ditemukan pada teh. Semua istilah tersebut sama-sama merujuk pada senyawa kimia yang sama.


Kafeina dijumpai secara alami pada bahan pangan seperti biji kopi, daun teh, buah kola, guarana, dan maté. Pada tumbuhan, ia berperan sebagai pestisida alami yang melumpuhkan dan mematikan serangga-serangga tertentu yang memakan tanaman tersebut. Ia umumnya dikonsumsi oleh manusia dengan mengekstraksinya dari biji kopi dan daun teh.


Kafeina merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk secara sementara. Minuman yang mengandung kafeina, seperti kopi, teh, dan minuman ringan, sangat digemari. Kafeina merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia.


44. Istilah Kesehatan: Kalsium

Kalsium adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Mempunyai massa atom 40.078 amu. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.


45. Istilah Kesehatan Kronis

Durasi panjang dan perkembangan lambat. Penyakit yang kronis berkembang secara perlahan seiring waktu, dan tidak berakhir. Gejala dapat terus-menerus atau hilang timbul, namun pasien biasanya memiliki kondisi untuk hidup.


46. Istilah Kesehatan Laring

Laring, atau kotak suara (voicebox), adalah organ pada leher mamalia yang melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara. Laring mengandung pita suara (vocal cord) dan berada pada daerah di mana rongga atas terpisah menjadi trakea dan esofagus. Struktur laring umumnya terdiri dari tulang rawan yang diikat oleh ligamen dan otot.


47. Istilah Kesehatan Laringitis

Laringitis adalah peradangan pada laring. Hal ini menyebabkan suara serak atau kehilangan suara lengkap karena iritasi pada lipatan vokal (pita suara). Disfonia adalah istilah medis untuk gangguan vokal, yang merupakan salah satu penyebab laringitis.


Laringitis dikategorikan sebagai akut jika berlangsung kurang dari beberapa hari. Jika tidak dikategorikan sebagai kronis, dan dapat berlangsung lebih dari 3 minggu. Bentuk penyakit kronis ini kebanyakan terjadi pada usia pertengahan dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.


48. Istilah Kesehatan Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.


49. Istilah Kesehatan: Mulas

Mulas atau melilit atau sering dianggap dan disebut sakit perut adalah rasa sakit atau nyeri yang hanya terjadi di bagian perut. Mulas umumnya terjadi karena ukuran perut membesar dari dalam dan mengurangi ruang bebas di dalam perut. Mulas juga adalah rangsangan untuk segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, atau mungkin juga buang angin. Biasanya ini adalah salah satu tanda keluhan pencernaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disertai muntah, konstipasi, diare, atau keluhan pencernaan lainnya. Mulas juga merupakan salah satu gejala menstruasi atau pula kehamilan pada wanita.


50. Istilah Kesehatan: Sel

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Oleh karena itu, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.


51. Istilah Kesehatan: Sistem pencernaan

Sistem pencernaan (bahasa Inggris: digestive system) adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.


Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (bahasa Inggris: gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.


52. Istilah Kssehatan: Tersedak

Tersedak adalah tersumbatnya trakea seseorang oleh benda asing, muntah, darah, atau cairan lain. Tersedak merupakan keadaan darurat medis.


Pertolongan pertama untuk tersedak adalah menghubungi rumah sakit atau puskesmas setempat menggunakan nomor telepon darurat, lalu membebaskan obstruksi saluran napas menggunakan perasat Heimlich dan/atau pernapasan buatan. Intubasi adalah prosedur medis lanjutan yang diindikasikan untuk tersedak, yang dapat dilakukan oleh paramedis dalam bidang ini.


53. Istilah Kesehatan: Transfusi darah

Transfusi darah adalah proses menyalurkan darah atau produk berbasis darah dari satu orang ke sistem peredaran orang lainnya. Transfusi darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.


54. Istilah Kesehatan:  Tumor

Tumor (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign).


55. Istilah Kesehatan Vitamin

Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan.


56. Istilah Kesehatam: Kandung Kemih

Kandung kemih adalah organ yang mengumpulkan urin diekskresikan oleh ginjal sebelum dibuang. Kandung Kemih adalah organ otot yg berongga, dan dpt dilembungkan (atau elastis),letak dari kandung kemih duduk di lantai panggul. Urin memasuki kandung kemih melalui ureter dan keluar melalui uretra.


57. Istilah Kesehatan: Kanker

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. 

Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati.

Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang - kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati.


58. Istilah Kesehatan: Urin

Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra.


59. Istilah Kesehatan: Antibiotik

Segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik,yang dihasilkan oleh berbagai spesies mikroorganisma yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.


60. Istilah Kesehatan: Bronkus

Bronchus adalah kaliber jalan udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru. Tidak terdapat pertukaran udara yang terjadi pada bagian paru-paru ini. Bronkitis merupakan peradangan pada bronkus. Terdapat dua tipe utama: akut dan kronik. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.


LihatTutupKomentar